Bahan Spandek, Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangannya

Karakteristik Kelebihan dan Kekurangan Bahan Spandek

Bahan Spandek Adalah

Bahan spandek adalah jenis bahan kain yang terbuat dari polimer sintetis seperti halnya nilon atau polyester. Kain yang juga dikenal dengan nama lain elastane ini umumnya cenderung bersifat elastis dan memiliki kemampuan merenggang 5 kali dari ukuran aslinya.

Meskipun dalam hal kelenturan spandek mirip dengan dengan karet, spandek ternyata lebih kuat dan daya tahannya lebih tinggi dibandingkan dengan karet. Kain ini sebenarnya tercipta untuk menggantikan peranan karet sebagai bahan dasar pakaian.

Karakteristik Kain Spandek

Agar kamu lebih mudah dalam mengenali dan membedakan spandek dengan jenis kain lainnya, berikut ini kami paparkan juga ciri ciri serta karakteristik dari kain spandek.

  • Kain spandek cenderung tipis namun lebih awet daripada bahan katun biasa.
  • Beberapa jenis kain spandek akan tampak seperti berkilau.
  • Tingkat elastisitas kain cukup tinggi (gampang melar).
  • Bahan kain biasanya menempel pada tubuh dan membentuk lekuk tubuh penggunanya.
  • Walaupun mudah melar, spandek juga mudah kembali ke bentuk semula.
  • Biasanya menggunakan kain spandek terasa lebih ketat dan cukup panas (tergantung dari kadar¬†polyurethane).
  • Cukup nyaman saat dipakai serta tidak membatasi gerak pemakainya.

Kelebihan Bahan kain Spandek

  • Tersedia Banyak Varian
  • Bahannya ringan dan tipis
  • Memiliki tekstur yang lembut dan halus
  • Tidak mudah mengkerut
  • Tingkat elastisitas tinggi
  • Awet dan Tahan Lama

Kelemahan Bahan Kain Spandek

  • Tidak tahan panas
  • Daya serap air rendah
  • Membentuk lekuk tubuh (gak cocok untuk muslimah)
  • Permukaan kain licin
  • Harus dikombinasikan dengan jenis kain lainnya

Cek Harga Kain Spandek Di Sini

Jenis Jenis Kain Spandek

Spandek merupakan salah satu jenis kain yang dapat dikombinasikan dengan material kain lainnya sehingga memiliki karakteristik kain yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Berikut ini adalah jenis-jenis spandek yang ada di pasaran.

1. Spandek Nylon

Bahan kain Spandek Nylon
Gambar Spandek nylon

Jenis kain ini banyak digunakan sebagai bahan pembuatan seragam dan pakaian olahraga seperti jersey, pakaian renang, dan pakaian olah raga lainnya. Spandek nylon sendiri memiliki karakteristik kain yang lembut, melar, sangat ringan, dan tentu nyaman saat dikenakan.

2. Bahan Spandek Rayon

Spandek Rayon
Gambar bahan spandek rayon

Spandek rayon merupakan kombinasi antara serat spandeks (elastane) dengan rayon. Jenis spandeks rayon mempunyai karakter yang hampir menyerupai katun, namun lebih lembut. Kelebihan dari hasil kombinasi bahan ini yakni kainnya teksturnya lembut, mudah melar, tidak mengkilap, bahannya sejuk, halus, dan juga mudah menyerap keringat.

3. Spandek Katun

Bahan Kain Spandek Katun

Merupakan perpaduan antara kain serat sintetis elastane dengan katun (cotton). Spandek jenis ini katun ini digunakan sebagai material dasar pembuatan pakaian wanita seperti tank top, legging, atau sejenisnya.

4. Stretch Denim

Stretch Denim Bahan Spandek
Gamabar Stretch Denim

Stretch Denim adalah kombinasi kain spandek dengan denim yang sering digunakan dalam pembuatan celana jeans. Masyarakat umum lebih sering menyebutnya dengan sebutan stretch jeans karena memiliki tampilan visual dan karakter yang sangat mirip dengan celana jeans. Presentase serat spandek yang digunakan pada stretch denim adalah sekitar 3% dengan kemampuan melar (stretch) sekitar 15% dari ukuran aslinya.

5. Spandek Polyester (PE)

Kain Spandek Polyester
Gambar Spandek Polyester (PE)

Spandek polyester merupakan kain kombinasi antara serat elastane dengan serat polyester. Kombinasi yang dihasilkan dari kedua jenis kain ini jika dilihat sekilas mirip dengan jenis katun, namun kainnya lebih tipis. Kain ini sering digunakan dalam pembuatan pakaian model ketat seperti tank top, legging, baju training, sport bra dan sejenisnya. Beberapa vendor kaos juga sering memanfaatkan spandek polyester untuk membuat busana seperti dress.

Harga Kain Spandek

Untuk kamu yang berencana membeli atau membuat baju berbahan kain spandeks. Berikut ini kami berikan tabel daftar harga kain spandek terbaru di bulan januari 2021

Jenis KainHargaSumber
Spandek katun BambuRp. 56.000/meterTokopedia
Kain Spandek PolyesterRp. 45.000/yardTokopedia
Spandek JerseyRp. 75.000/kgBuka Lapak
Nylon SpandekRp. 45.000/meterAlibaba
Spandex Nylon (Lycra)Rp. 60.000Indotrading
Tabel: Daftar Harga Kain Spandek Per Januari 2021

Pemanfaatan Kain Spandeks

Penggunaan kain spandeks ini cukup luas penggunaannya, terutama untuk pembuatan pakaian yang memerlukan elastisitas tinggi. Beberapa contoh produk fashion yang terbuat dari kain spandex diantaranya adalah : Pakaian renang, Tank top, Legging, Kostum ballet, Pakaian renang, Stretch jeans dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tips Merawat Kain Berbahan Spandek

Kamu punya baju berbahan spandex ? Perlu kamu ketahui bahwa pakaian berbahan spandeks pada dasarnya tidak dapat disetrika secara langsung dengan suhu yang panas. Untuk itu diperlukan perlakuan khusus dalam mencuci dan menjemur baju bahan spandek.

Agar kaos bahan spandek kamu tetap awet maka simak tips merawat spandek berikut ini :

  1. Pisahkan baju spandek berwarna terang dengan gelap. Pisahkan juga pakaian spandek yang kotor dengan baju lainnya agar kotorannya tidak inut menempel pada baju yang lain.
  2. Sebaiknya tidak merendam pakaian berbahan spandek terlalu lama karena dapat menyebabkan warna kain cepat pudar
  3. Hindari menyikat baju spandex kamu karena hal ini akan menyebabkan pakaian kamu cepat melar. Cukup kucek pada bagain yang kotor dengan tangan lalu bilas sampai bersih.
  4. Jangan keringkan spandeks menggunakan mesin cuci. Cukup jemur seperti biasa lalu keringkan.
  5. Setrika bahan spandek kamu dengan suhu tidak terlalu panas / sedang

Baca Juga : Pengertian Konveksi Pakaian Menurut KBBI

Demikianlah artikel kali ini yang membahas karakteristik, kelebihan dan kekurangan bahan spandek. Jika kamu pertanyaan seputar kain spandek kamu bisa menggunakan kolom komentar di bawah ini !

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *